Minggu, 21 Agustus 2016

Mahir Berbahasa Inggris bersama Teman

Sebelumnya saya telah menulis artikel berjudul "Mahir Berbahasa Inggris tanpa Teman".  Lalu bila keadaanmu tidak seburuk itu, bahwa ada teman yang bisa kamu ajak berbahasa Inggris, tentu artikel inilah yang pas untukmu. 

Saatnya memberdayakan teman yang kamu punya untuk sama-sama mahir berbahasa Inggris. Istilah biologinya, simbiosis mutualisme. Kalian saling menguntungkan satu sama lain. Berikut adalah pilihan cara-caranya.

1. Berbahasa Inggris setiap kali berkomunikasi lisan. Kalaupun terkadang keterbatasan vocabulary mengganggumu, kamu dan temanmu bisa menyisipkan Bahasa Indonesia untuk memuluskan percakapan. Soal pede tentu bukan soal lagi di sini.

2. Berbahasa Inggris setiap kali berkomunikasi tulisan. Dalam hal ini, kamu dan temanmu sepakat untuk hanya menggunakan Bahasa Inggris saat SMSan atau saat kirim-kiriman surat (di kelas, misalnya). Cara ini cocok untukmu yang belum punya nyali untuk berkomunikasi lisan dalam Bahasa Inggris.

3. Memainkan beberapa permainan berikut. 
A. Describe and guess (Deskripsikan dan tebak)
Dalam permainan ini, kamu dan temanmu bisa mendeskripsikan orang (khususnya public figure), benda, profesi, film atau hal-hal lain yang kalian sama-sama tahu. Misalnya begini, kamu mendeskripsikan sesuatu, dan temanmu yang akan menebak. Kamu bilang, "It lives in water and you can keep it in aquarium". Lalu temanmu akan menebak, "It is fish". Kalau belum tertebak juga, tentu kamu harus memberi deskripsi lain.

B. Draw and guess
Dalam permainan ini, kamu akan menggambar sesuai instruksi temanmu. Lalu setelah gambar selesai, kamu harus menebak cerita/judul dari gambar itu. Misalnya begini, temanmu menginstruksikanmu, "Make a circle, give lines above it. What is it?" Lalu setelah memperhatikan gambarmu, kamu menebak, "Sun..am i correct?". Temanmu bilang, "Yes, you are".

C. Acting game 
Dalam permainan ini, kamu dan temanmu berpura-pura menjadi orang lain. Ya, layaknya aktor dan aktris yang berperan di sebuah film. Misalnya begini, kamu berperan sebagai seorang ibu dan temanmu sebagai sang anak. Situasinya adalah kamu telah lama menunggu anakmu pulang sekolah dan merasa gelisah karenanya. Anakmu pulang terlambat karena ada les tambahan dadakan di sekolahnya. Lalu kalian memerankan peran masing-masing dengan percakapan dalam Bahasa Inggris.

Demikian tiga cara yang bisa kamu coba bersama temanmu untuk mengasah kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris. Level dan tingkat kesulitannya bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan kalian. Selamat bersimbiosis mutualisme ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar