Senin, 29 Agustus 2016

Kawal Kehamilan dengan SMSBunda

Masa kehamilan adalah masa yang ditunggu-tunggu wanita yang sudah menikah. Tidak hanya si wanita, suami dan keluarga besarnya pun menantikan hal serupa. Apalagi bila kabar bahagia itu telah cukup lama ditunggu, dinyatakan positif hamil seolah berita surga bagi mereka. Banyak yang dipersiapkan untuk menjalani kehamilan. Begitupun persiapan persalinan hingga pernak-pernik kebutuhan si jabang bayi.

Selain persiapan materi yang tentu sangat krusial, persiapan pengetahuan juga tak kalah pentingnya. Betapa tidak, wanita hamil mengalami banyak perubahan dalam diri dan hidupnya. Terlebih bagi mereka yang sedang menjalani kehamilan pertama. Banyak yang harus dipelajari dan dicermati. Bila salah bersikap, bukan tidak mungkin akan menambah Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Na'udzu billahi min dzalik.

Untuk itulah pemerintah melalui Kementerian Kesehatan meluncurkan sebuah program bertajuk SMSBunda yang dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang kehamilan. Melalui program ini, ibu hamil diharapkan dapat mengidentifikasi tanda bahaya selama hamil dan nifas, serta dapat mencari pertolongan tepat saat terjadi emergency. Tidak hanya mengawal ibu selama masa hamil, SMSBunda pun akan tetap setia mendampingi ibu hingga bayi berusia dua tahun.

Ibu hamil yang telah mendaftarkan diri akan mendapat SMS gratis secara berkala tentang info kehamilan, persalinan dan pasca melahirkan hingga bayi berusia dua tahun. Pesan yang dikirim bersumber dari buku panduan kesehatan yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan. Menariknya, pesan yang diterima setiap ibu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing berdasarkan usia kehamilan.

Ibu hamil dapat mendaftarkan diri dengan cara ketik REG <spasi> perkiraan tanggal lahir (hh/bb/tttt) <spasi> kota/kabupaten. Perubahan tanggal bersalin bisa didaftarkan dengan ketik LAHIR <spasi> tanggal bersalin. Bila ibu ingin mendaftarkan teman bisa ketik UNDANG <spasi> no hp teman <spasi> perkiraan tanggal bersalin <spasi> kota/kabupaten. Kemudian kirim ke 08118469468.

Kini, ibu hamil bisa tenang karena ada SMSBunda yang selalu mengingatkan dan memberi info. Dengan demikian, masa kehamilan, persalinan, dan pasca melahirkan bukan lagi masa-masa kritis yang membuat miris. Semoga semua ibu hamil dapat menikmati kehamilannya dan menjalani persalinan dengan mudah. Lebih penting lagi, ibu dan bayi yang dilahirkan sehat sempurna. Sehingga tujuan Kementerian Kesehatan dapat tercapai, yakni menekan angka kematian ibu dan bayi baru lahir. Insya Allah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar