Selasa, 27 Desember 2016

30DWC yang Menginspirasi

30DWC (30 Days Writing Challenge) adalah tantangan menulis 30 hari yang tidak hanya dimaksudkan untuk menulis selama sebulan saja. Bagaimana kebiasaan menulis yang sudah dibentuk dapat dilanjutkan adalah tujuan utamanya.

Selain kebiasaan menulis yang terbentuk melaluinya, banyak inspirasi yang hadir dari mengikuti tantangan ini. Salah satunya adalah yang kutawarkan pada TEFLIN saat mengikuti seminar internasional baru-baru ini.

TEFLIN adalah organisasi profesi yang mengumpulkan pengajar Bahasa Inggris seluruh Indonesia. Maka, saran yang kusampaikan saat itu adalah mengadaptasi kegiatan 30DWC untuk meningkatkan kemampuan menulis anggota TEFLIN secara online.

Adaptasi yang kumaksud adalah dengan membuat kegiatan serupa bernama 3MWC (3 Months Writing Challenge). Kenapa 3 bulan adalah karena targetnya adalah scientific writing yang membutuhkan banyak referensi plus penelitian.

Mengenai deadline, kusarankan untuk dibuat setiap minggu. Lalu akan ada evaluasi dari para ahli yang kompeten. Selain itu, diskusi semacam KOUF (Kelas Online Upgrading Fighter) akan dilakukan setiap bulan. Hal-hal teknis lainnya kuserahkan pada TEFLIN.

Banyak hal yang sesungguhnya menjadi cerita dari 30DWC. Banyak inspirasi dan ide yang menyegarkan pikiran. Banyak rencana yang terpikirkan dan ingin diwujudkan. Saran tadi hanya sekelumit yang in syaa Allah menjadi kebaikan untuk banyak orang. Aamin.
#30DWCHari26

Tidak ada komentar:

Posting Komentar